Beranda | Artikel
Info Rekrutmen
Kamis, 13 Oktober 2022

Bismillah.

Yayasan Pangeran Diponegoro (YAPADI) adalah sebuah yayasan dakwah dan sosial yang berusaha membantu pemerintah dan para ulama dalam membangun akhlak dan keimanan di tengah masyarakat. YAPADI alhamdulillah telah berdiri sejak tahun 2016 setelah sebelumnya berwujud lembaga dakwah mahasiswa yang diberi nama Forum Studi Islam Mahasiswa (FORSIM). FORSIM sendiri telah berdiri sejak tahun 2013 dengan program utama kajian rutin di akhir pekan bernama Ma’had al-Mubarok.

Pada tahun 2014 atau 1436 H FORSIM berinisiatif mendirikan sebuah markas dakwah mandiri yang diberi nama dengan Graha al-Mubarok. Pada awal Shofar 1436 H atau akhir November 2014 telah terkumpul donasi dari kaum muslimin untuk pendirian markas ini sebesar Rp.7 Juta dan qadarullah pada saat itu panitia juga belum memperoleh tanah wakaf.

Pada bulan Rabi’ul Akhir 1438 H atau Januari 2017 disusunlah proposal pembangunan Masjid Graha al-Mubarok sebagai tindak lanjut rencana pendirian markas tersebut. Anggaran biaya pembangunan masjid ini yang direncanakan terdiri dari 2 lantai adalah sebesar kurang lebih Rp.2 Milyar. Alhamdulillah pada 1 Januari 2017 -sekitar 5 tahun yang lalu- terkumpul donasi sebesar Rp.222.335.996,- setelah pembukaan donasi sejak tahun 2014; kurang lebih 3 tahun awal masa pengumpulan donasi.

Pada bulan Rabiul Awwal 1439 H atau November 2017 alhamdulillah dilakukan ikrar wakaf tanah untuk lokasi pembangunan masjid Graha al-Mubarok ini yang berlokasi di Dusun Donotirto RT 8 Bangunjiwo Kasihan Bantul Yogyakarta; kurang lebih 2 km barat daya Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Wakaf tanah berasal dari Bp Sudarmanto dan Bp Suranto hafizhahumallah seluas 400 meter persegi kemudian diperluas dengan membeli tanah warga seluas kurang lebih 700 meter persegi (per m dibeli seharga Rp.1 Juta dengan donasi/wakaf kaum muslimin dari berbagai wilayah di Nusantara) untuk tempat parkir, halaman dan tempat wudhu plus kamar mandi dan fasilitas penunjang lainnya. Total area lahan masjid menjadi 1100 meter persegi.

Pada tahun 1438 – 1439 H dimulailah tahap pembangunan masjid lantai 1 dengan donasi sebesar Rp.500 Juta dari Bp. Arry hafizhahullah seorang muhsinin dari Jakarta dengan bantuan loby dan pengawasan proyek dari Ustadz Sa’id Abu Ukkasyah hafizhahullah. Pembangunan masjid lantai 1 ini dilakukan selama kurang lebih 3 bulan yang dikerjakan oleh tim pembangunan Ust. Sularno dkk hafizhahumullah. Pada akhirnya berdasarkan pertimbangan dan masukan para pembina masjid ini diberi nama dengan Masjid Jami’ al-Mubarok YAPADI.

Sebelum adanya masjid ini kegiatan dakwah dan kajian yang dikelola oleh FORSIM meminjam masjid-masjid di sekitar Kampus UMY seperti : Masjid al-Mubarok Tegalrejo utara UMY, Masjid Muthohharoh Ngebel belakang UMY, Masjid Nurul Ikhlas Ngebel belakang UMY, Masjid Baiturrahman Tundan belakang UMY, Masjid Muttaqin Ngrame belakang UMY dan ada juga masjid lain yang jaraknya agak jauh dari UMY seperti Masjid asy-Syakur Gamping Tengah dan sempat juga di Masjid at-Taqwa Kadipiro.

Dengan taufik dari Allah pada bulan Maret 2021 dalam situasi pandemi alhamdulillah dimulai pembangunan masjid lantai 2 selama kurang lebih 1 semester dan berakhir pada bulan September 2021 dengan total biaya pembangunan sebesar Rp.521.421.822,- yang semuanya merupakan bantuan dari para muhsinin/donatur yang berasal dari berbagai daerah di penjuru tanah air; semoga Allah berikan balasan terbaik bagi mereka.

Pada awal Januari 2022 alhamdulillah dengan taufik Allah pengurus YAPADI dapat mengadakan rapat pleno pengurus dan pembina serta pengawas untuk membahas laporan kegiatan dakwah dan pembangunan yang telah dilakukan selama 5 tahun; periode 1439 – 1443 H / 2017 – 2021. Rapat ini bertempat di Eijaz Resto Yogyakarta dengan dihadiri pembina antara lain Ust. Abul Hasan Ahmad Mz dan Ust. Abu Adam hafizhahumullah.

Alhamdulillah dengan pertolongan Allah pula pada bulan Agustus 2022 pengurus YAPADI diberi kemudahan untuk mengadakan rapat pleno bersama para pembina dan asatidz guna membahas laporan dan evaluasi kegiatan selama 7 bulan periode Januari 2022 – Juli 2022. Rapat ini alhamdulillah dihadiri lebih banyak peserta dan pembina, antara lain Ust. M. Romelan, Lc. M.A., Ust. dr. M. Ariffudin Sp.OT, Bp. Kresnadjati, S.H hafizhahumullah. Rapat ini diadakan dalam rangka mengubah kalender program dari Tahun Masehi menjadi Tahun Hijriyah. Waktu penyelenggaraan rapat ini menandai pergantian tahun 1443 H ke tahun 1444 H. Kegiatan ini diadakan di Rumah Makan Bakso Pajero dengan dukungan dari Mas Ferry hafizhahullah pemilik rumah makan tersebut; semoga Allah berikan balasan terbaik untuk beliau.

Pada awal bulan Rabi’ul Akhir 1444 H atau akhir Oktober 2022 insya Allah pengurus akan mengadakan acara rapat sosialisasi program dan penyusunan kepanitiaan kegiatan dakwah bersama rekan-rekan relawan, takmir masjid, warga wisma dan perwakilan alumni Ma’had al-Mubarok. Oleh sebab itu kami mengajak peran serta rekan-rekan mahasiswa, pegiat dakwah dan relawan yang ingin bergabung dalam program dakwah ini untuk hadir dalam acara tersebut. Informasi lebih detail insya Allah disampaikan kemudian.

Bagi teman-teman yang ingin bergabung mengurus kegiatan dakwah YAPADI dan Masjid Jami’ al-Mubarok YAPADI bisa menghubungi kami via wa di nomer : 0853 3634 3030 atau bisa bertemu langsung di Wisma al-Mubarok 1 Ngebel – barat asrama putri UMY atau di MJM. Semoga Allah berikan taufik kepada kita untuk saling membantu dalam dakwah ila Allah dan istiqomah di atas jalan-Nya hingga ajal tiba.


Artikel asli: https://www.al-mubarok.com/info-rekrutmen/